Minggu, 20 November 2011


Sinyal 3G atau Generation 3rd di Indonesia telah sangat Populer. Bahkan perkembangannya pun telah mencapai 3.5 G hingga HSDPA sehingga memungkinkan kita untuk melakukan transfer data baik berupa Suara, Teks ataupun lainnya dengan kecepatan tinggi.
Berbagai perangkat Mobile sekarang seperti Mobile Phone, ataupun Modem telah mendukung koneksi dengan sinyal 3G. Sehingga semakin memudahkan kita untuk mengakses berbagai layanan termasuk Internet.
Berikut ini saya akan berbagi sedikit tips dan trik untuk mengatur perangkat modem agar selalu terhubung ke operator dalam jangkauan 3G. Hardware yang saya maksud adalah Modem Vodafone K3520. Secara Otomatis, Modem Vodafone telah mampu mencari sinyal 3G dilokasi yang bersangkutan. Namun kita dapat melakukannya secara manual.
Adapun cara Setting 3G untuk Modem Vodafone K3520 secara manual adalah sebagai berikut.

  1. Buka program Mobile Patner yang telah Terinstall di Komputer Anda.
  2. Pada tampilan Interface Mobile Patner pilih Menu Tools dan Klik Options
  3. Selanjutnya akan muncul Jendela Options. Pilih Network. Network Type.
  4. Untuk Network Type pilih WCDMA Only. Sedangkan untuk Band Pilih GSM900/GSM1800/WCDMA21000. Sedikit catatan: Bila Sinyal 3G di tempat anda kurang stabil, pilih WCDMA Preffered Untuk Network Type.
  5. Selanjutnya Klik Button Apply untuk menyimpan pengaturan yang telah anda buat. Selanjut pilih Bilah Registration Mode.
  6. Pada Interface Registration Mode, Klik Option Manual Search anda Register. Selanjutnya Klik Button Refresh maka modem akan mencari sinyal di tempat anda berasal.
  7. akan muncul daftar sinyal yang dapat anda gunakan pada kotak Interface Registration Mode. Silakan anda pilih Operator Name yang anda gunakan. Dan Klik Register.
  8. Jika Muncul Jendela seperti gambar dibawah ini. Maka Register anda telah sukses dibuat. Silakan anda menghubungkan koneksi dari laptop atau komputer anda ke Internet. Selamat ber Surfing Ria.

Satu hal yang pasti, Jika di tempat anda tidak tersedia sinyal 3G, Maka anda dapat menggunakan koneksi 2G. Meskipun dengan Sinyal 3G ataupun HSDPA sekalipun, akses internet yang diberikan operator seperti Xl dan Telkomsel menurut saya masih terbatas.
Tawaran yang mereka berikan tentang Internetan Unlimited Sepuasnya Tanpa Batas hanyalah sebatas Iklan semata. Pada Kenyataannya, Layanan Internet yang diberikan Oleh Operator di Indonesia saat ini masih terbilang mengecewakan.
Bagaimana Tidak, Koneksi Internet Kita di batasi dengan kecepatan Maksimum 512 kbps dan Kuota 15MB (untuk paket harian). Kecepatan seperti itupun tidak pernah saya dapatkan.
Kecepatan Akses Internet yang saya dapat tidak pernah lebih dari 20kbps dan akan turun drastis manakala kuota internet yang saya dapat telah habis.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Silakan Baca Artikel Yang Lain

Post Terbaru

Facebook

Slider

Informasi Kegiatan

Penerimaan Siswa Baru TK- SD dan SMP Raj Yamuna

Pembukaan Pendaftaran Pertukaran Siswa-siswi Ke Australia

Test Sumatif SD Tanggal 28-30 Nop

Ujian Nasional SD Bulan Mei

Acara Penandatanganan MOU Sister School Antara RYS dengan Satsuki Jepang, 28 Desember 2010

Pembukaan Pendaftaran Pertukaran Siswa-siswi ke Australia

Peryaan Odalan Saraswati, Sabtu 19 Nopember

Juara I Lomba Komputer di SMP PGRI 2 Denpasar

Technology

Business

Header Ads

Contoh Blog

Sepakbola Magz

Pengikut

Powered By Blogger

sponsor

sponsor

Nature

Test Footer

Author

Pages

Random Post

Blogroll

Popular Posts